Pergantian Penampakan Bumi


sadarkah anda jikalau bumi yang kita tinggali ini selalu berutah seiring berjalannya waktu? berkat majunya teknologi, dikala ini pergeseran penampakan bumi bisa dengan gampang kita lihat memakai google earth.





permukaan bumi




Bumi ialah salah satu planet di tata surya yang dihuni oleh makhluk hidup, dibumi berisi berbagai organisme dan benda yang membentuk permukaan bumi dikala ini misalnya seperti batu, tanah, air, salju, dan lain lain.





Daftar Tulisan


penyebab perubahan bumi





Perubahan yang terjadi pada kenampakan bumi mampu disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya alasannya adalah insiden alam dan langkah-langkah insan.





Perubahan penampakan bumi





kita akan bagi penyebab terjadinya peristiwa pergeseran penampakan bumi ini menjadi 2 ialah sebab peristiwa alam dan langkah-langkah insan 





Karena insiden alam





Pengaruh angin





Mungkin sebagian dari kita tidak menyangka jika angin berperan besar dalam perubahan penampakan bumi. Hal ini dikarenakan angin dapat menerbangkan dan memindahkan pasir gurun, mempengaruhi besar kecil gelombang air bahari lalu gerakan ukiran air laut dapat mengikis pinjaman ditepi pantai, sehingga merubah permukaan bumi. Selian itu angin dengan kekuatan sungguh besar mirip angin topan atau puting beliung dapat menyebabkan kerusakan pada daerah yang dilalui sehingga merubah penampakan bumi. 





Bencana alam





Bencana alam ialah aspek pergantian kenampakan permukaan bumi yang sangat cepat. Dengan kekuatan yang sungguh besar petaka dapat merubah permukaan bumi cuma dalam beberapa menit. Contoh bencana alam yang bisa mengubah penampakan bumi contohnya tanah longsor, gempa bumi dan tsunami.





Erosi





Erosi ialah insiden terkikisnya tanah oleh air. Erosi yang terjadi secara terus menerus akan menjinjing lumpur dan batuan yang mengubah penampakan bentuk bumi terutama didaerah muara. 





Pergerakan glester





Glester ialah kumpulan es, balok es, tumpukan salju sebagian mencair menjadi air, yang bergerak mengalir secara perlahan ke lembah-lembah di pegunungan. pergerakan yang terjadi pada glaseter inilah yang membuat penampakan bumi berubah.





Pasang surut air bahari





Pasang surut air bahari disebabkan karena perputaran bumi serta gaya gravitasi bulan. Peristiwa pasang surut air bahari ini menjadikan terkiskisnya pasir atau tanah ketika air bahari menyentuh tepi pantai yang menjadikan pergeseran pada bentuk bumi. insiden abrasi pantai oleh air laut ini biasa diketahui juga dengan istilah abrasi.





Hujan





Pengaruh hujan menghipnotis permukaan bumi yang asalnya kering menjadi basah alasannya adalah air hujan, air hujan juga bisa mengisi cekungan menjadi danau hujan, dan lain lain. hujan yang berlangsung secara terus menerus mampu merusak lingkungan bangunan dan fasilitas umum, petaka seperti banjir juga dipastikan mengganti bentuk penampakan bumi.  





Perubahan Permukaan bumi alasannya adalah langkah-langkah manusia





Pembangunan





Areal yang mengalami pembangunan ditentukan akan mengalami pergantian, teladan nya pembangunan gedung, pembangunan jalan, jembatan, perumahan atau tempat kebun dan persawahan dan lain lain.





Pembakaran Hutan





Peristiwa pembakaran hutan dan mengubah fungsi hutan menjadi lahan hunian atau kawasan perkebunan selain merugikan bumi sebab berkurangnya tempat hijau jugajelas akan mengakibatkan pergeseran permukaan buni.





Pembukaan tambang





pembukaan areal pertambangan pasti akan membuat permukaan bumi mengalami pergeseran hal ini karena kegiatan penggalian yang dilaksanakan menggunakan alat berat.





Pembalakan hutan





Fenomena pembalakan hutan atau penebangan kayu hutan untuk dimanfaatkan tampaknya sungguh marak terjadi di negara kita padahal hal ini bisa sungguh merugikan kita sebab selain menjadikan pergeseran bentuk permukaan bumi hal ini juga bisa mengakibatkan pasokan udara di bumi menjadi menyusut, hilangnya kawasan tinggal tanaman dan fauna dan faktor terbesar yang menyebabkan kepunahan.






Comments

Popular posts from this blog

Biografi Singkat Nelson Mandela